Minggu, 06 Januari 2013

Hingga Menyentuh Langit

karya lukman newbie
karya Lukman
"Tuntutlah Ilmu hingga negeri Cina"
Rasanya setiap orang pasti mengenal peribahasa tersebut. Peribahasa yang berisi saran untuk menuntut ilmu hingga ke sebuah negeri yang jauh. Meski disebut sebuah nama negara, mungkin maksud sebenarnya adalah bahwa ilmu seyogyanya dikejar walaupun itu berada di sebuah tempat yang jauh atau sulit. Tidak semestinya menyerah terhadap keadaan karena ilmu adalah bagian dari hidup.

Dalam Islam juga diperintahkan untuk meraih ilmu. Bahkan perintah tersebut diturunkan pertama kali dan dengan keadaan memaksa Sang Nabi. Mendekap sangat erat, sehingga Beliau sulit untuk benafas. "Iqra" yang berarti "Bacalah", menjadi perintah pertama yang justru mengajak untuk belajar. Bacalah, dan bukan "Hafalkan". Bukan pula "Sebarkan", bukan pula "Jiplaklah".

Dengan membaca, kita menemui sumber ilmunya langsung. Salah benarnya bagaimana, kita segera dapat melakukan koreksi. Bukan "hafalkan" yang menjadi perintah pertama, karena "hafalkan" bergantung pada kemampuan individu untuk mempu melakukannya. Bukan "Sebarkan", karena "sebarkan" bergantung pada suka-tidak suka terhadap materi yang didapatkan. Bukan pula "Jiplaklah", karena Jiplak dapat dilakukan tanpa membaca dan menghafal serta belum tentu disebarkan.

Memang, terkadang hidup kurang sesuai dengan apa yang menjadi mau kita. Tingginya hasrat untuk belajar terpaksa harus menuruti skenario yang berbeda. Remaja yang berkeinginan tinggi menuntut ilmu harus merelakan sisa waktunya untuk membantu mengais rezeki. Demi kelangsungan hidup yang tidak hanya ia miliki sendiri. Cita-cita tinggi yang pernah ia gantungkan di langit, harus benar-benar tergantung dan tak teraih lagi.

Namun sebelum menanggalkan asa dan menyandarkannya di sudut kamar, ada baiknya mencari informasi mengenai beasiswa yang sering ditawarkan universitas-universitas di dunia. Baik dalam maupun luar negeri. Bahkan Departemen Luar Negeri kita juga menawarkan Beasiswa. Coba saja kunjungi PUSDIKLAT DEPLU, disana banyak informasi mengenai beasiswa yang diadakan oleh berbagai universitas dalam dan luar negeri. Ada Pendidikan Kilat, ada Beasiswa Gelar dan ada juga Beasiswa Non Gelar. Kedutaan Besar Jepang juga memberikan Beasiswa, silahkan kunjungi KEDUTAAN BESAR JEPANG UNTUK INDONESIA untuk informasinya. Masih banyak lagi, asalkan mau mencari, pasti ketemu.

Masih terpikir untuk menanggalkan mimpi?

0 komentar:

Posting Komentar